Trend Toko Online 2018

Saat ini sudah awal Desember 2017, sudah saatnya kita melihat apa yang akan terjadi di tahun 2018 nanti.
Tahun 2017 ini sudah banyak kejadian yang membuat kita terbelalak, seakan tidak percaya pada yang terjadi di tahun ini.

Penjualan E-commerce Indonesia, bahkan E-commerce dunia semakin luar biasa. Toko online indonesia sudah cukup terlihat penetrasinya. Mulai dari peningkatan seller / penjual sampai dengan peningkatan buyer / pembelinya.

Hal ini memberikan gairah kepada perekonomian Indonesia.  Dari penjualan barang-barang dari toko online termurah sampai dengan toko online terbaik, seperti toko online shopee, toko online lazada sampai dengan toko online tokopedia.

Efek ini kemudian di perkuat dengan situasi ekonomi di Indonesia di tahun 2017.

Dari video itu kita bisa melihat seberapa besar Indonesia berkembang dari sisi ekonomi. Mungkin di lain sisi banyaknya Retail yang tutup akan tetapi penetrasi belanja online menjadi lebih tinggi.  Beberapa toko online di indonesia mulai terlihat mendapatkan untung dari situasi ini.

untuk detilnya silahkan akses ke link : https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/ *silahkan cek jika link masih ada menarik sekali perubahan penjualan online yang sangat cepat dan beragam.

Kembali ke topik kita, “ Trend Toko Online 2018” seperti apa dan bagaimana ?

Kita lihat secara garis besar apa yang menjadi trend di Indonesia. Pemerintah Indonesia mempunyai target $130 milyar pada tahun 2020, artinya 3-2 tahun lagi kedepan.

Nah dengan target pemerintah ini, kita harus terus meng-updated apa saja rencana dan target kita untuk mencapai keuntungan. Diantaranyanya adalah mempelajari trend toko online 2018, seperti apa dan bagaimana.

Trend Toko Online 2018 :

1. Secara global, Ecommerce terbesar akan meledak di China.

China dengan Alibaba-nya akan meraup keuntungan sangat besar di dalam dunia e-commerce dunia, khususnya di Asia. Diprakirakan tahun 2019, Market Ecommerce China bahkan 2x lipat perkembangannya daripada tahun 2017-2018. Hal ini memperlihatkan bahwa penjualan online di China sudah menjadi hal utama, bukan kedua setelah penjualan offline.

Apakah yang harus kita lakukan dengan adanya arus toko online shop seperti ini ? Apakah kita tinggal diam dan menunggu, atau kita berbuat sesuatu agar market kita bisa bertambah dan meluas ?

Cara memanfaatkan trend untuk toko online tahun 2018 :

Cara terbaik untuk memanfaatkan tren ini adalah membuat situs / website anda berbasis mobile friendly / hp. Karena belanja melalui hp merupakan terbesar di China, lebih dari 95% pengguna internet di negara tersebut online via hp.  Hal Ini berarti anda menambah 695,3 juta pelanggan baru untuk toko anda.

Cara kedua adalah rubahlah situs website anda untuk pasar China. Ini tidak hanya berarti memastikan bahwa toko anda berbahasa China, namun sepertinya situs lokal saat pengguna China terhubung dengannya. Saya sarankan mencari profesional lokal yang dapat memberi anda wawasan tentang pasar China dan melokalkan toko anda. Atau anda bisa mencoba menjual barang anda melalui Aliexpress.

Apa itu Aliexpress ? Apa beda-nya dengan Alibaba ? Penjual (seller) di alibaba mayoritas berupa produsen pabrikan dan suplier besar. Sedangkan penjual di Aliexpress lebih condong kepada penjual retail.

Ingin tahu mengenai Aliexpress ? akan kita bahas di halaman terkait mengenai Aliexpress.

2. Mulai merubah konsep anda dari website ke mobile atau apps

Dari tahun 3 tahun sebelum 2018, hal ini sudah di gembar-gemborkan oleh Google. Dan jika anda masih belum mengikuti trend toko online seperti ini, saya rasa sudah waktunya anda berubah.

Rubahlah konsep online anda, jangan hanya website, tetapi lebih memikirkan bagaimana customer, visitor dan user anda mengakses info anda melalui hp.

Jika anda belum bisa melakukan hal ini, tanyakan ke kami melalui chat atau melalui contact kami, untuk melihat potensi website yang anda miliki. Bagaimana seharusnya merubah menjadi lebih baik lagi, lebih dapat di akses di hp.

Sebagai contoh website salah satu klien kami www.firstmedia.com, kami mengubah tampilan mobile sehingga memudahkan customer dari firstmedia, untuk mengakses apabila ingin mendaftar baru atau meningkatkan fasilitas yang sudah ada.

Saran untuk merubah kebiasaan pengguna anda dari situs / website anda ke mobile / hp :

Cobalah untuk membuat pengalaman yang mulus dari website / situs ke hp. Gunakan situs / website anda harus mobile responsif sehingga keseluruhan tampilan dan nuansa anda terlihat konsisten dan rapi dengan beberapa perangkat dan layar. Pastikan navigasi dan checkout ponsel anda mudah digunakan dan kilat cepat.

Saya sebut dengan Mobile Design, karena Mobile Design bukan hanya Responsive biasa dari Situs kemudian ke Hp. Tetapi lebih berbeda.

seperti contoh :

ini  adalah tampilan website firstmedia di desktop / laptop.

ini merupakan tampilan pada mobile design :

perbedaan pada shortcut, terlihat pada mobile lebih sederhana dan lansung menuju apa yang menjadi kebutuhan dari user/visitor/customer.

3. Manfaatkan waktu untuk promosi

Dalam dunia toko online, memanfaatkan waktu adalah salah satu cara meng-efektifkan penjualan. Mari kita lihat kalender tahun 2018 :

Anda dapat melihat kapan saatnya anda promosi, memberikan diskon dan penawaran terbaik dari toko online anda. Kemudian gabungkan promosi anda menggunakan Ads seperti Facebook Ads, Google Ads dan Instagram Ads.
Pastikan penawaran anda yang terbaik pada saat itu, sehingga anda dapatkan 2 : branding anda meningkat dan penjualan meningkat.

4. Gunakan Konten yang mengenai Pengguna anda.

Pada 2018, gunakan pengguna anda untuk membuat konten, karena hal ini akan menjadi lebih penting . Dengan cara berbagi informasi produk anda sesuai dengan kebutuhan pengguna anda, sehingga pelanggan anda lebih mungkin mempercayai situs anda dan menjual kepada keluarga dan teman-temannya.

Sebagai contoh anda membeli baju, kemudian baju tersebut akan direkomendasikan kepada teman-teman anda atau sesama pembeli baju itu.
Berikan bonus, atau penawaran diskon berlebih apabila buyer/pembeli anda mau ngepost kembali barang-barang yang telah di belinya dengan hastag# tertentu.
Hal ini sangat membantu promosi anda. Silahkan di coba.

5. Gunakan Chat

Fasilitas Chat memimpin sampai tahun 2017, dengan 48% konsumen lebih memilih untuk terhubung dengan perusahaan melalui live chat daripada bentuk kontak lainnya. Pengalaman kami menggunakan fasilitas chat, akan memudahkan kami untuk mengetahui user/visitor/buyer kami dalam bertanya dan membeli.

Cara terbaik untuk memanfaatkan trend ini adalah menginstal live chat dan chatbot di situs / website anda.
Hal ini akan membantu anda mengsetup untuk menanggapi pertanyaan anda yang paling sering ditanyakan. Jika anda kesulitan hal ini, anda dapat mengkontak kami melalui : http://www.dewanstudio.com/contact-us/

Share This Article 🙂

Google+
Google+
http://www.dewanstudio.com/trend-toko-online-2018/">
RSS
Facebook
Twitter
Visit Us
PINTEREST
PINTEREST
LINKEDIN

INGIN BERDISKUSI ?

APAKAH ANDA MEMPUNYAI IDE YANG BISA KAMI BANTU?

Start Project
2017-11-29T10:30:26+00:00