Tren Social Media Marketing Strategy dalam Digital Marketing

Social media marketing adalah bagian dari strategy digital marketing. Perlu Anda ketahui sebelumnya, bahwa digital marketing juga mencakup bagian dari pemasaran di social media.

Anda tentunya sudah tidak awam lagi dengan kata digital marketing. Pemasaran melalui digital ini banyak dilakukan dan dimasukan dalam agenda perusahaan. Selain penggunaanya cukup efisien dan menghemat waktu, melakukan digital marketing pun  sangat besar pengaruhnya bagi perusahaan Anda. Untuk itu tidak ada salahnya Anda mengenal dan belajar terlebih dahulu apa itu digital marketing. Barulah Anda siap untuk melakukan strategy selanjutnya di dunia digital.

Tidak jauh berbeda dari digital marketing, social media marketing juga membutuhkan strategi yang sesuai untuk mendapatkan sasaran yang tepat. Sempat disinggung di awal jika digital marketing ini mencakup pemasaran di social media juga. Jadi apakah dengan Anda sudah melakukan pemasaran/promosi di social media, Anda sudah melakukan digital marketing juga? Belum tentu jawabannya.

Karena digital marketing mencakup banyak aspek digital, seperti website, social media, sampai email marketing. Pada kesempatan kali ini akan membahas lebih banyak dan fokus pada social media marketing. Menurut survey hootsuites Indonesia menempati peringkat ke 3 dengan 140 juta pengguna aktif di dunia (social media Facebook). Jadi atas alasan ini pula jika melakukan promosi di social media memanglah harus dilakukan.

Social media marketing sendiri adalah cara untuk mempromosikan produk atau layanan dengan membangun hubungan yang kuat untuk pelanggan atau audience melalui social media. Social media di sini adalah platform yang bisa atau memungkinkan Anda dan pengguna lain bisa berbagi pesan, cerita, gambar, video, audio, dsb. Dengan begitu Anda bisa terhubung langsung dengan audience Anda.

Definisi diatas bisa disimpulkan bahwa social media marketing adalah salah satu bagian atau saluran dari kegiatan digital marketing. Social media marketing yang mungkin bisa Anda lakukan adalah seperti, mengikuti forum blog, jejaring social, Facebook, Instagram, Twitter, Linkedin, Youtube, Pinterst, dan sebagainya.

Coba Perhatikan Tabel berikut ini :

Perbandingan diatas bisa Anda jadikan sebagai landasan untuk menentukan apa yang harus bisnis Anda lakukan. Jangan lupa untuk cek kembali goals (link) yang ingin Anda dapatkan melalui pemasaran digital ini. Goals ini juga baik sebagai acuan pemilihan strategy yang harus Anda ambil. Jika masih kesulitan dan bingung coba diskusi bersama kami melalui tombol di kanan bawah Anda.

source : bigeye

Jika dilihat dari gambar diatas ada strategy social media marketing yang bisa Anda terapkan. Untuk itu banyak yang sebenarnya harus Anda persiapkan sebelum melakukan ini. Berikut ini step by step yang harus Anda siapkan untuk melakukan social media marketing :

  1. Lakukan riset : Ketahui siapa audience Anda
  2. Gunakan social media yang audience gunakan : Pilih platform yang paling efisien dan sesuai. Banyak pilihan social media, jemput audience Anda.
  3. Apa goals Anda? : Tentukan goals Anda di social media, apakah ingin meningkatkan awareness atau penjualan Anda.
  4. Tulis : Tulis konsep dan konten apa saja yang ingin bisnis Anda lakukan. Untuk mempermudah pastikan Anda membuat editorial plannya terlebih dulu.
  5. Sejajarkan : Jangan lupa untuk sejajarkan bisnis Anda dengan audience buatlah audience menjadi teman Anda. Buat dan libatkan mereka dalam strategi yang Anda punya
  6. Sisihkan waktu : Selalu sisihkan waktu luang Anda untuk membuat plan berikutnya dan schedule konten yang ingin Anda bagikan di social media.
  7. Buat dan kembangkan : Jangan lupa untuk selalu mengembangkan konten yang Anda miliki. Rencanakan konten yang relevan bagi bisnis Anda. Sisipkan juga link untuk meningkatkan trafik website.
  8. Posting : Posting yang harus dan layak dan sesuai dengan konten yang Anda miliki. Ingat Anda dan Audience harus terlibat dalam kiriman ini.
  9. Treat All : Pastikan konten yang Anda posting sesuai dengan platform yang Anda pilih. Selalu sesuaikan dan pilih konten yang relevan. Misalnya saja postingan di instagram akan sangat berbeda dengan postingan yang ada di twitter. Jadi sesuaikan konten yang Anda buat.
  10. Admin : Ini adalah hal yang harus Anda pastikan untuk mendapatkan umpan balik dari audience Anda. Seperti tindakan suka, komentar, sampai berbagi. Admin bertugas untuk mengontrol semua hal tersebut
  11. Jadwalkan dan report : Jadwalkan kiriman Anda dan buatlah hasil atau pelaporan dari kemajuan dari kiriman yang sudah Anda posting.
  12. Analisis : Selalu analisis kembali dari hasil pencapaian yang sudah Anda dapatkan agar menemukan apa yang harus ditingkatkan dan yang harus dihilangkan.

Setelah menyiapkan hal diatas, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan strategi social media marketing. Ingat kembali jika social media marketing ini adalah bagian dari strategy digital marketing. Meskipun begitu social media marketing juga memiliki strategy yang harus Anda pahami.

Berikut ini strategy yang harus Anda lakukan :

  • Miliki akun bisnis

Sesudah menyiapkan berbagai hal yang di sebutkan di atas, sekarang waktunya Anda membuat akun bisnis di social media. Saat ini ada 2 social media yang bisa menggunakan akun bisnis Facebook dan Instagram.

  • Ketahui Audience

Didalam persiapan juga sudah dijelaskan bahwa mengetahui target audience wajib hukumnya. Agar konten dan tujuan yang Anda sampaikan tersalurkan dengan baik kepada target konsumen yang diinginkan.

  • Gunakan hastag

Hastag sangat berguna untuk meningkatkan engagement ke kiriman Anda. Gunakan hastag yang sesuai dan relevan di setiap kiriman Anda.

  • Kiriman promosi

Kiriman promosi dilakukan untuk menjangkau lebih luas lagi audience Anda dalam social media.

  • Evaluasi – analisa

Evaluasi kembali dan analisa hasil dari kiriman tersebut. Lihat apakah bekerja dengan baik atau tidak. Seleksi kembali konten apa saja yang relevan atau tidak untuk akun bisnis Anda.

Kesimpulan :

Segera lakukan dan pilih strategy terbaik bagi bisnis Anda. Jika mengalami kesulitan jangan ragu untuk tanyakan dan diskusikan bersama dewanstudio.com untuk dapatkan pengalaman dan pencapaian terbaik bagi bisnis Anda. Berkembang bersama akan lebih baik bagi kemajuan bisnis Anda. Jemput audience Anda di social media, jadi kan audience terlibat dan masuk dalam strategy tersebut. Jangan lupa untuk selalu analisa dan evaluasi kembali. Dapatkan laporan statistik perkembangan tersebut untuk ukur kemajuan bisnis Anda. Lakukan social media marketing ini juga sebagai alat untuk branding perusahaan Anda. Karena salah satu cara sukses di era digital ini adalah dengan personal branding yang kuat melalui proses social media marketing ini.

Terima Kasih

Share This Article 🙂

Google+
Google+
http://www.dewanstudio.com/tren-social-media-marketing-strategy-dalam-digital-marketing/">
RSS
Facebook
Twitter
Visit Us
PINTEREST
PINTEREST
LINKEDIN

Tren Social Media Marketing Strategy dalam Digital Marketing

October 30th, 2018|0 Comments

Tren Social Media Marketing Strategy dalam Digital Marketing Social media marketing adalah bagian dari strategy digital marketing. Perlu Anda ketahui sebelumnya, bahwa digital marketing juga mencakup bagian dari pemasaran di social media. [...]

Ini Perbedaan Branding dan Marketing

October 26th, 2018|0 Comments

Ini Perbedaan Branding dan Marketing Marketing dan branding memang selalu erat kaitannya dalam memasarkan suatu produk atau usaha. Namun sebenarnya apa perbedaan dari branding dan marketing itu sendiri? Menurut Philip Kotler “2009:332” Branding adalah nama, [...]

Digital Branding untuk Pemerintah

October 25th, 2018|0 Comments

Digital Branding untuk Pemerintah Apakah pemerintah membutuhkan branding? Untuk apa digital branding itu? Digital branding saat ini tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan besar saja, namun pemerintah pun juga harus memahami apa itu digital branding [...]

2018-11-05T15:18:49+00:00