Brand (merek) adalah hasil yang didapatkan melalui proses branding. Lalu apa saja yang meliputi proses branding itu sendiri?

Pengertian:

Brand dan branding hal yang serupa tapi tak sama. Brand merupakan tujuan atau hasil yang dihasilkan melalui branding yang Anda lakukan. Sedangkan branding adalah proses atau strategy yang dilakukan untuk membangun hubungan ke customer Anda. Tapi pastikan terlebih dahulu jika target pasar yang Anda pilih sudah sesuai.

Baca juga: 5 Cara Mudah Tentukan Segmentasi Pasar

Jangan lupa untuk pastikan segmentasi pasar Anda sudah sesuai dengan apa yang akan diberikan nantinya. Karena penting untuk Anda ketahui apa saja yang dibutuhkan oleh customer agar proses branding yang akan Anda lakukan berjalan sesuai dengan strategy. Karena proses branding merupakan fase komunikasi yang harus Anda bangun dengan baik untuk dapatkan hasil yang memuaskan.

Jadi sudah jelas ya perbedaan antara brand dan branding ini. Brand adalah tujuan sedangkan branding adalah proses. Keberhasilan dari proses ini adalah kegiatan yang saling berkesinambungan untuk menghasilkan citra pada konsumen Anda.

Fungsi dan Tujuan:

Tidak lengkap rasanya jika tidak mengetahui apa fungsi dari kegiatan dan tujuan dari proses ini. Kita dapat urutkan jika riset pasar adalah hal yang paling awal harus Anda lakukan untuk menentukan kegiatan branding seperti apa yang akan diterapkan agar sesuai dengan kebutuhan target Anda.

Fungsi branding disini adalah fase komunikasi merek dengan layanan yang Anda berikan. Branding akan memberikan Anda ruang untuk melakukan pendekatan melalui layanan yang lebih mendekatkan lagi kepada target pasar yang dituju. Memahami setiap kebutuhan, dan memberikan setiap solusi dengan baik. Atau yang lebih dikenal sebagai riset pasar, untuk menentukan juga strategy yang akan digunakan selanjutnya

Baca juga: Pentingnya Membangun dan Mengelola Hubungan dengan Pelanggan

Selain berfungsi sebagai fase pendekatan branding juga bisa digunakan sebagai alat untuk mendapatkan kepercayaan target pasar Anda. Aktivitas atau layanan yang bisa memberikan dampak atau kesan ke customer Anda. Branding juga meliputi pemasaran, promosi, sampai layanan.

Sedangkan Brand berfungsi untuk mendapatkan empati dan kepercayaan, dengan melakukan branding yang baik bukan tidak mungkin bisa mendapatkan tempat tersendiri di hati konsumen Anda. Brand juga berfungsi sebagai identitas. Karena nantinya identitas itu yang akan berpengaruh penting bagi keberlangsungan bisnis Anda.

Jika disimpulkan menjadi:

Branding:

  1. Proses komunikasi
  2. Riset pasar
  3. Pendekatan melalui layanan, produk dll
  4. Pemasaran/promosi
  5. Strategy

Brand:

  1. Tujuan/goals/hasil
  2. Identitas
  3. Loyalitas
  4. Apa yang diberikan
  5. Representasi

Branding memiliki tujuan untuk mengikat atau membuat persona pelanggan melalui upaya dan proses tertentu. Namun memang tidak bisa dipungkiri jika melakukan branding bukanlah hal yang mudah. Pastikan tujuan Anda sudah sesuai dan jelas ya. Jangan sampai Anda melakukan rebranding di tengah jalan, memang tidak ada salahnya tapi itu akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Baca juga: Membangun Karakteristik Bisnis Melalui Buyer Persona

Nah, jadi meskipun terlihat sedikit berbeda brand dengan branding adalah kegiatan yang saling berkesinambungan yang baik untuk dilakukan bagi bisnis Anda. Ingat ya Brand yang baik akan melakukan Brandingnya yang baik juga

Share This Article 🙂

Google+
Google+
http://www.dewanstudio.com/ini-perbedaan-brand-dan-branding-serupa-tapi-tak-sama/">
RSS
Facebook
Twitter
Visit Us
PINTEREST
PINTEREST
LINKEDIN

10+ Digital Marketing Tools Terbaik – Tingkatkan Level Bisnis Anda

May 15th, 2019|0 Comments

10+ Digital Marketing Tools Terbaik - Tingkatkan Level Bisnis Anda Tools digital marketing terbaik untuk tingkatkan level bisnis Anda. Berikut ini telah kami rangkum digital marketing tools yang patut Anda coba untuk bisnis [...]

Strategy Digital Marketing Bulan Ramadhan

May 13th, 2019|0 Comments

Strategy Digital Marketing Bulan Ramadhan Digital marketing adalah usaha pemasaran melalui digital yang meliputi pemasaran konten dan strategy lainnya yang meliputi plan dan engagement pada setiap konten yang di posting Strategy Digital Marketing [...]

5 Tips Panduan Membuat Desain Website Profesional

April 8th, 2019|0 Comments

5 Tips Panduan Membuat Desain Website Profesional Desain website profesional terbukti bukan hanya berhasil menarik pengunjung tetapi juga dapat memberikan tindakan selanjutnya yang akan dilakukan oleh pengunjung. Berikanlah fungsi web yang dapat dan [...]

2019-02-25T10:04:32+00:00