Cara mudah dan cepat Digital Marketing untuk Pemerintah Republik Indonesia

Mungkin sebagian anda berfikir kenapa pemerintah membutuhkan digital marketing ?

Digital Marketing memang menjadi salah satu solusi mengatasi problem marketing yang terjadi di Indonesia. Indonesia merupakan bangsa yang besar, dengan 17.504 pulau. Sehingga sangat dibutuhkan cara efektif untuk bisa memarketingkan ke 17.504 pulau yang menyebar seluruh Indonesia. Jika menggunakan promo seperti TV, biaya akan mahal sekali. Atau menggunakan Radio, karena sifatnya hanya lokal, jadi hanya beberapa radio saja dapat di jangkau. Sehingga kita dapat bayangkan butuh biaya besar dan effort yang cukup besar untuk mencapai hal itu. Oleh karena itu mengapa Digital Marketing menjadi solusi terbaik saat ini.

Digital Marketing apa itu ?

Digital marketing atau sering disebut dengan Online Marketing. Tapi saat ini lebih banyak dikenal dengan Digital, karena media digunakan lebih spesifik dibandingkan Online. Online bisa dipersepsikan dengan radio atau tv. Dengan persepsi seperti itu maka Online Marketing dirubah dengan Digital Marketing, artinya media digunakan adalah media digital.

Media Digital itu seperti Website, Social Media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube, Apps atau Aplikasi di Android atau di ios, Chat seperti Whatsapp, Line.

Sehingga  makin jelas apa yang dimaksud dengan digital marketing. Bahwa cara memasarkan produk atau jasa melalui media digital.

Di Tahun 2018 ini, Digital Marketing mulai banyak di kenal oleh berbagai kalangan. Bukan hanya kalangan pebisnis besar seperti perusahaan e-commerce, tapi juga perusahaan startup dan juga usaha kecil seperti usaha rumahan atau usaha keluarga.

Nah bagaimana dengan pemerintah ? Apakah pemerintah membutuhkan Digital Marketing ?

Jawabnya ya !

Masih ingat tidak Digital Marketing ini diawali dengan kampanye yang dilakukan pada jaman pemilihan presiden Amerika serikat Barrack Obama ? Dan apa yang terjadi berhasil ! Obama menjadi presiden.  Lalu di Indonesia pernah terjadi ketika pemilihan presiden tahun 2014. Joko Widodo menjadi presiden Indonesia salah satunya melalui dibantu oleh Digital Marketing.

Diatas adalah salah satunya bagaimana jika Digital Marketing masuk kedalam dunia politik, dan hal itu terbukti berhasil. Bagaimana jika Digital Marketing tersebut digunakan untuk meng-kampanyekan sebuah instansi pemerintahan ? Seharusnya hal ini bisa menjadi cara efektif dan solusi terbaik untuk pemerintah.

Pertanyaannya Apakah Pemerintah sudah banyak menggunakan digital marketing sebagai salah satu solusi memasarkan informasi kepada masyarakat ?

Ada menjawab sudah dan ada belum. Ada beberapa problem sehingga hal ini mungkin bisa dilaksanakan atau tidak oleh PR dari Pemerintahan yaitu :

  1. Terkait regulasi
    Banyak regulasi do dan don’t ketika memasarkan sebuah informasi kepada masyarakat. Karena masyarakat terdiri dari berbagai lapis level pendidikan, sehingga tidak semuanya dapat menyerap informasi yang diberikan.
  2. Stategi Digital Marketing
    Tidak semua dari pihak pemerintahan mengetahui bagaimana membuat strategi dalam digital marketing. Langkah-langkah apa saja yang dapat dilakukan dan bagaimana cara melakukannya. Sehingga beberapa pelaksanaannya hanya berupa menghadirkan tetapi tidak memberikan feedback maupun respon dari masyarakat.
  3. Tingkat kepercayaan Digital Marketing
    Pada jajaran tertentu belum mengerti sejauh apa efek dari digital marketing, bagaimana cara menghitungnya nilai dari dari target yang sudah ditentukan dalam digital marketing. Pada dasarnya mereka belum menemukan adanya bukti nyata bahwa Digital Marketing mempunyai efek sangat besar jika dilakukan dengan displin dan terjadwal.

Apakah masih ada lagi mengenai problem di digital marketing ? Jika ada, silahkan anda chat melalui wa atau kirim email melalui kontak kami di bawah ini.

Membuat Strategi Digital Marketing

Jika sudah ada rencana melakukan Digital Marketing, selanjutnya adalah bagaimana melakukan langkah-langkah efektifnya.

Pada umumnya Digital Marketing digunakan untuk mendapatkan profit sebanyak-banyaknya, tapi karena Dgital Marketing ini untuk memasarkan informasi untuk pemerintahan, maka strategi dibentuk sedikit berbeda dari strategi pada umumnya. Strategi umum banyak digunakan adalah Inbound Marketing yang diusung oleh HubSpot (www.hubspot.com) , salah satu perusahaan digital yang bergerak memberikan layanan jasa Digital Marketing dalma bentuk aplikasi atau tools online.

Kembali ke strategi Digital Marketing, mari kita mulai dengan Target.

1. Tentukan TARGET strategi marketing anda
Dalam digital marketing, menentukan target atau goal itu penting. Karena tidak dapat dihitung seberapa besar pengunjung (visitor) yang bisa memberikan dampak terhadap informasi kita jika kita tidak mengetahui berapa target yang ingin kita capai.

Untuk menentukan Target, pertama kita ketahui adalah Siapa Target Visitor anda ?

Semakin anda mengetahui siapa target anda, semakin mudah anda menentukan langkah apa yang anda lakukan selanjutnya. Semakin mudah mengetahui apa yang anda lakukan, semakin anda bisa membatasi budget yang anda ingin gunakan.

Bagaimana menentukan siapa target visitor anda ?

Tentunya anda berfikir, saya ingin informasi saya dibaca seluruh orang banyak.

Padahal jika di telaah kembali, informasi yang ingin diberikan hanya bisa dibaca oleh kalangan tertentu, seperti mahasiswa dan para cendikiawan atau para peniliti lainnya. Ini menjadikan Goal anda, Target anda tidak pasti, dan kurang mengenai sesuai dengan konten informasi yang anda inginkan.

Oleh karena itu kita pastikan hal ini bisa dibagi menjadi :

  • Target Utama : 50%
    Contoh Target misalnya untuk informasi hasil penelitian, target utama adalah para cendikiawan, mahasiswa atau internal jajaran pemerintahan lainnya.
  • Target Kedua : 45%
    Contoh Target untuk wartawan yang membutuhkan informasi untuk berita di siarkan ke masyarakat luas.
  • Target Umum : 5 %
    Contoh target ini merupakan semua orang yang kebetulan membuka media digital ini.

Untuk mempermudah hal ini, Target atau Goal yang ingin dicapai, kita bisa membentuknya atau menulisnya dalam sebuah pertanyaan seperti ini :

  • Apa pekerjaan visitor anda ? Dimana visitor anda tinggal ?
  • Laki-laki atau perempuan ? Berapa umurnya ? Berapa pendapatannya sebulan ? Dimana lokasi tinggalnya ?
  • Bagaimana visitor anda akses ke website anda ?
  • Darimana visitor anda mengetahui tentang anda ?
  • Apa yang dicari oleh visitor anda membuka website anda?
  • Apa hambatan visitor anda sehingga tidak mengetahui website anda ?

Setelah kita mendapatkan informasi tersebut, kita dapat rangkum menjadi visual seperti ini : 

Selamat jika anda sudah berhasil membuat target seperti diatas.

Mari kita ke langkah berikutnya yaitu Cara menulis Konten untuk Digital Marketing.

2. Cara Menulis dalam DIGITAL MARKETINGDalam menulis untuk digital marketing, dibutuhkan cara yang efektif agar semua media digital dpaat menjaring informasi tersebut. Caranya adalah

  • Tentukan Headline
    Tentukan Headline yang menarik dan sesuai kebanyakan visitor cari di google search atau social media.
    Contoh :
    “Digital Marketing untuk Pemerintah” menjadi “Cara mudah dan cepat Digital Marketing untuk Pemerintah Republik Indonesia“
    Dengan menggunakan kata-kata seperti diatas, akan merangsang visitor atau pembaca untuk membaca artikel anda. Gunakanlah kata-kata yang mengajak pembaca anda, sehingga pembaca anda lebih tertarik untuk mengklik artikel anda.
    Gunakan kata-kata mengajak yaitu “Cepat, Praktis, Lebih, Rahasia, Terbatas, Sekarang, Penting, Buruan, Menarik, Hanya, Mudah, Akhirnya, Baru, Pengumuman, Harus, Perhatian, Perkenalkan, Dicari, Special, Segera, Cara”
    Gunakan frasa kata dari kata diatas seperti

    sumber bahan : http://www.lokawaikabubak.litbang.kemkes.go.id/perlukah-suplementasi-iodium-selama-masa-kehamilan/#more-1224

    Menjadi 5 Alasan penting mengapa suplementasi iodium sangat penting selama masa kehamilan” atau “Mengapa Anda harus mengkomsumsi IODIUM selama masa kehamilan”
    Kata-kata diatas adalah menegaskan dan sangat menganggu pikiran dari pembaca, dibandingkan jika pembaca hanya ditanyakan “Perlukah”. Karena tingkat urgensi pada kata-kata tegas sangat berbeda dengan kata-kata bertanya.
    Penasaran ? Silahkan anda gunakan hal ini terhadap artikel-artikel anda yang sudah publish pada website anda, dan lihat hasilnya.

  • Berikan Penawaran, Alasan, Testimoni
    Dengan memberikan penawaran, alasan dan testimoni adalah salah satu cara yang cepat untuk menarik pembaca anda. Dengan menuliskan penawaran pada headline, akan membuat pembaca semakin ingin membaca.
    Contoh penawaran,
    Contoh seperti artikel diatas, yaitu : “5 Alasan penting mengapa suplementasi iodium sangat penting selama masa kehamilan”
    Hal ini membuat pembaca penasaran dan tidak berfikir seperti, “siapa peduli?, emang kenapa ?, apa untungnya buat saya?…hal itu akan terbuang jauh begitu membaca dengan cepat.
  • Buatlah Call-to-Action
    Apa itu Call-To-Action ?
    Call-To-Action atau disingkat dengan CTA, bisa dibilang salah satu cara yang sangat efektif dan banyak digunakan oleh digital marketing. Tujuan CTA adalah sebagai trigger dari visitor untuk mengetahui lebih lanjut mengenai informasi diberikan.
    Gunakan frasa kata seperti :

    • Berminat?
    • Ini adalah keputusan yang menguntungkan untuk diambil
    • Sekarang adalah saat yang terbaik!
    • Daripada hanya membacanya, mengapa Anda tidak……
    • Buktikan sendiri!
    • Jadi, tunggu apa lagi?
    • Waktu hampir habis!
    • Mengapa tunggu sampai besok?
    • Anda harus mengambil keputusan penting
    • Anda sudah menunggu cukup lama

atau bisa berupa :
Masih bingung dengan artikel ini ? Ingin lebih jelas ? Silahkan anda klik kontak di bawah ini, mari kita diskusikan mengenai hal ini.

3. Tentukan MEDIA untuk menyampaikan digital marketing andaPemilihan Media adalah hal terpenting dalam Digital Marketing. Tidak semua media digital seperti social media dapat digunakan untuk memasarkan artikel anda. Ada beberapa media tidak cocok dengan target anda. Untuk itu anda harus tahu detil media apa yang di gunakan untuk memasarkan informasi anda.

Jenis Media Digital :

Website Development

  • Online Store
  • E.O
  • Blog
  • Vlog
  • E-learning
  • Online demo
  • Email marketing
  • Trade Portal
  • Market Place
  • Posting di Facebook
  • Membuat Fans Page
  • Facebook Ads
  • Promo Twitter
  • Media Placement
  • Landing Pages
  • Youtube
  • Google Ads
  • Youtube
  • Online forum seperti Kaskus
  • Instagram
  • Instagram Ads

Dan masih banyak lagi….

Karena banyak hal bisa dilakukan dengan media digital, oleh karena itu kita harus tahu dan sering memantau trend yang ada di Indonesia. Media apa yang paling trend. Menurut survey 2018 maka terlihat sebagai berikut : 

Dan ternyata Youtube menjadi no 1 social media paling aktif di Indonesia. Ini di karenakan beberapa alasan yaitu :

  • Masih banyaknya masyarakat Indonesia kurang menyukai membaca, lebih senang menonton video atau tv
  • Koneksi daerah dengan adanya 3G dan 4G membuat akses nonton lebih mudah dan lebih cepat
  • Paket murah dan persaingan harga antar provider, sehingga meningkatkan daya beli masyarakat dalam membeli paket data untuk akses internet.

Dari survey diatas, semakin jelas ya bahwa media saat ini bisa digunakan video.  Jika Anda mempunyai kesulitan dalam membuat video yang sesuai, silahkan kirimkan ke kami, kami akan bantu membuat video sesuai anda inginkan.

4. Gunakan cara ber-Promosi yang efektif Cara berkala dan terencana adalah cara sangat efektif membuat konten anda semakin mencapai goal / target yang anda inginkan. Gunakan bahasa dna cara berkomunikasi sama dengan pembaca anda.

Jika ingin memberikan penyuluhan kepada masyarakat, berikan tampilan dengan informasi dikemas dalam bentuk infografis yang menarik.
Untuk desain seperti ini, anda juga dapat menggunakan program gratis dari canva.com. Mudah dan banyak sekali templatenya.

Belum pernah gunakan Canva.com ? Nantikan tutorialnya berikutnya ya.

Kemudian lanjutkan dengan buatlah secara berkala dengan menggunakan sistem jadwal.

Untuk menjadwalkan kiriman:

1. Mulailah membuat kiriman di bagian atas linimasa Halaman Anda.
2. Klik  di samping Terbitkan dan pilih Jadwalkan.
3. Di bawah Penerbitan, pilih tanggal dan waktu penerbitan kiriman. Klik Jadwal

Mudah ? Atau sulit ? jika masih bingung, nantikan tutorialnya. Atau jika lama boleh chat dengan kami untuk lebih detilnya dibawah ini.

5. Hitunglah berapa jumlah Visitor anda ? 

Apakah sesuai dengan target anda ? atau belum ? Bagaimana cara menghitungnya ? Gunakan beberapa tools dibawah ini :

  • Google Analytics

    sumber : https://d1avok0lzls2w.cloudfront.net/uploads/blog/5582cdf1d150f8.39876085.jpg

    Salah satu produk gratis ini dari Google sangat efektif dan mudah.  Tinggal akses ke https://analytics.google.com/analytics/web/ kemudian lanjutkan ikutilah petunjuk berikutnya.
    Google analytics banyak digunakan untuk mengetahui tidak hanya jumlah visitor yang datang tetapi juga dapat menghitung berapa lama, berapa umur, apa gender dan lokasi dimana akses, serta halaman apa yang banyak diakses.

  • Facebook Pixel

    sumber : https://alidropship.com/wp-content/uploads/2018/01/Create.jpg

    Apa itu Facebook Pixel ? Facebook Pixel adalah sebuah kode berupa javascript yang nantinya akan diletakkan pada halaman website kita yang bertujuan untuk merekam data pengunjung yang datang. Dengan Facebook Pixel akan mempermudah kita mengetahui siapa saja yang akses web kita karena terkonek dengan dtaa profil mereka yang berada di Facebook.

Fungsi dari Tools untuk menghitung ini adalah membuat anda mengetahui berapa jumlah yang anda targetkan untuk mengunjungi website anda digital tools lainnya.  Sebagai instansi pemerintah tentunya sangat membutuhkan program digital marketing sebagai solusi memasarkan informasi kepada masyarakat.

Bagaimana sudah mulai mengerti dengan konsep strategi ini ? Jika belum anda bisa nonton video kami, jika sudah anda silahkan kontak kami di kontak dibawah ini atau chat, untuk berdiskusi lebih jauh mengenai hal ini.

Terimakasih

Share This Article 🙂

Google+
Google+
http://www.dewanstudio.com/cara-mudah-dan-cepat-digital-marketing-untuk-pemerintah-republik-indonesia/">
RSS
Facebook
Twitter
Visit Us
PINTEREST
PINTEREST
LINKEDIN
2018-10-10T11:50:07+00:00