Brand adalah Wajah Dari Suatu Perusahaan

Brand adalah wajah dari perusahaan . Branding adalah identitas perusahaan bisa jadikan sebagai pembeda perusahaan yang kita miliki dengan kompetitor kita.

Branding juga membuat konsumen menjadi lebih ingat kepada produk atau jasa yang kita tawarkan.

Didalam membuat suatu usaha baik besar atau kecil, baik UKM atau PERUSAHAAN BESAR, branding merupakan hal pertama yang kita lakukan. Salah satunya elemen branding adalah nama perusahaan yang tentunya kita pertama dipikirkan saat membangun perusahaan.

Walaupun bisa saja yang terjadi sebaliknya, ketika usaha mulai berjalan, mulai berjualan produk kemudian baru terpikir kearah branding. Sehingga branding tidak lepas dengan wajah sebuah perusahaan. Karena tanpa branding, orang lain, kustomer kita tidak tahu bahwa perusahaan kita sangat berbeda dengan perusahaan lainnya.

Permasalahkan di Branding sangatlah klasik, sangatlah kuno. Kebanyakan UKM memikirkan soal branding ketika perusahaannya mulai besar. Mengapa ? Karena mereka berfikir bahwa UKM yang hanya jaringan kecil, yang kenal baru teman-teman, sahabat maupun keluarganya saja, tidak perlu akan branding. Karena UKM merasakan bahwa branding adalah dirinya.

Seperti data yang saya peroleh menurut Badan Pusat Statistika mengenai UKM sejak tahun 2015 jumlah usaha mikro total di Indonesia adalah 3.385.851, dengan usaha kecil propinsi sebesar 283.022. Sedangkan jumlah usaha besar tahun 2014 adalah 23.941, sebagian besar UKM belum mengetahui arti branding sesungguhnya.

Hal ini sangat wajar , jangankah memikirkan branding, bagi para UKM lebih mengutamakan cash flow dan pendapatan dibandingkan dengan memikirkan bagaimana membuat branding.  Pelaku UKM tersebut baru mulai menyadari dan menggunakan jasa konsultan branding setelah usaha mereka mulai berkembang.

Padahal menurut saya, branding harus ditentukan sejak awal, karena dengan branding yang jelas dan terpercaya maka hal ini akan menentukan identitas produk atau usaha UKM tersebut, bagaimana visi dan misi, branding tersebut.

Alasan yang paling sering saya dengar adalah, “ Nanti saja pak khan masih usaha kecil.” Atau..memang perlu ya pak?”. Ini memberikan pengertian bahwa branding bagi beberapa pelaku ukm hanya sebatas Nama, gambar atau logo saja. Padahal brand mempunyai pengaruh yang lebih besar dan luas.

Branding tidak hanya penting buat usaha besar, justru usaha kecil menengah (UKM), usaha mikro atau usaha kecil memegang peranan yang penting.  Karena kompetitor diluar sana banyak dan siap mengambil kesempatan merebut pasar market Anda.

Saat ini bisnis terlihat seperti hanya sekedar copy paste. Artinya setiap orang bisa membuat bisnis yang sama dengan bisnis sebelumnya sudah ada. Nah bagaimana jika usaha Anda sangat berbeda dengan usaha dari perusahaan lainnya terlihat sama ? Anda harus memberikan value. Anda harus membuat branding anda berbeda, karena branding adalah wajah perusahaan dan produk Anda. Dengan branding anda berbeda, secara tidak lansung, kustomer anda akan mengerti dan mengetahui siapa pun anda. Tak peduli sebanyak apa kompetitor diluar sana, namun Anda yakin wajah perusahaan Anda ada dan lebih baik dibanding dengan kompetitor lainnya. Apalagi jika branding anda sudah terdaftar hak ciptanya, ini akan menimbulkan efek “Kepercayaan” dari kustomer anda.

Mengenai Branding itu sendiri, sebenarnya apa sih definisi dari brand itu ? Brand dapat di bedakan menjadi Brand identity dan brand image. Kita akan coba bahasa satu persatu.

Brand Identity Vs Brand Image

  1. Brand Identity

Sering terjadi salah pemahaman antara brand indetity dan bran image yang dianggap sama padahal berbeda. Brand identity adalah cara konsumen diharapkan memberikan persepsi tentang bagaimana suatu perusahaan . Komponen brand biasanya terdiri dari Nama, Logo, Warna, Desain dan Motto atau Tagline. Komponen itu dibentuk dan dirumuskan untuk bisa merepresentasikan nilai-nilai perusahaan dan mengenalkannya ke market  dan terutama kepada konsumen.

Brand identity adalah kumpulan jati diri perusahaan Anda. Terdiri dari visi, misi, personality, keuntungan dan janji kepada konsumen . Intinya Brand identity adalah menjelaskan jati diri dan siapa perusahaan kita kepada konsumen

  1. Brand Image

Brand Image adalah apa yang diinginkan konsumen bereaksi terhadap brand tersebut, bagaimana persepsi konsumen terhadap produk kita.  Maksud dibalik brand image adalah bagaimana konsumen tidak hanya membeli produk atau menggunakan jasa kita, tetapi juga brand image yg terikat dengan produk itu. Brand image harus unik, positif dan mudah dipahami. Brand image bisa diperkuat dengan menggunakan brand komunikasi seperti iklan, packaging, brosur, dan media marketing lainnya. Brand Image adalah usaha kita bagaimana market memberikan persepsi kepada produk kita.

Masih bingung ? Ok kita coba lihat case study untuk Coca Cola Company

78

Siapa yang tidak tahu Coca Cola, perusahaan yang menyediakan minuman berkarbonasi dalam kaleng hampir diseluruh dunia. Sejak awal mereka telah merumuskan brand identity, brand personality dan brand promise.

Walaupun sepanjang perjalanan brand mereka terjadi perubahan logo perusahaan namum selalu berdasarkan brand identity awal yang merupakan jati diri dan personaliti merek68

Sehingga akhirnya mereka pun menetapkan logo perusahaan dan tagline seperti dibawah ini

89

Nah, bagaimana dengan brand image ? Seperti yang dijelaskan diatas Brand Image adalah apa yang diinginkan konsumen bereaksi terhadap brand tersebut, bagaimana persepsi konsumen terhadap produk kita.  Coca cola juga merumuskan brand image untuk mengarahkan persepsi market dan konsumen terhadap produk mereka, bahwa di Indonesia mereka juga memiliki tagline sendiri dengan “Buka Semangat Baru”atau “ Share a coke with….”.

91

 

 

 

 

 

Jadi Branding sangat penting buat identitas dan bagaimana market serta konsumen mengenali produk kita.

Apabila Anda bingung tidak ada salahnya mencoba menggunakan jasa konsultan branding untuk membantu merumuskan dan menvisualkan visi dan misi usaha Anda.

Seseorang tanpa nama akan menjadi stranger (orang asing), produk tanpa nama akan menjadi unknown (tak dikenal).
Brand adalah wajah perusahaan Anda
, saatnya Anda merumuskannya.

Butuh bantuan jasa konsultan branding ? hubungi kami Dewanstudio.com

Share This Article 🙂

Google+
Google+
http://www.dewanstudio.com/brand-adalah-wajah-dari-perusahaan/">
RSS
Facebook
Twitter
Visit Us
PINTEREST
PINTEREST
LINKEDIN

INGIN BERDISKUSI ?

APAKAH ANDA MEMPUNYAI IDE YANG BISA KAMI BANTU?

Start Project
2017-09-20T13:23:01+00:00