Seberapa pentingnya brand bagi UKM di era digital marketing seperti ini?

Semakin banyaknya penjualan melalui online marketing memang memberikan keuntungan tersendiri bagi beberapa usaha kecil menengah (UKM). Ini merupakan salah satu peluang yang bisa dilakukan UKM jika ingin meraup omset lebih besar melalui pemasaran digital.

Tetapi di tengah menjamurnya jualan online, ternyata masih saja banyak UKM yang belum begitu mengerti digital marketing. Padahal peluangnya yang cukup besar jika bisa memanfaatkannya secara maksimal. Lalu apa saja yang harus nya dipersiapkan untuk masuk di tengah persaingan pemasaran digital tersebut?

Salah satu jawabannya adalah Brand! Bagaimana usaha Anda bisa dikenal banyak orang jika tidak memiliki brand? Mungkin sebagian pemilik UKM berpikiran bahwa brand tidaklah terlalu penting. Mulai sekarang segera hapus mindset seperti itu, karena sesungguhnya kekuatan itu justru datang dari brand yang Anda bangun.

Biasanya brand yang dibangun untuk UKM berfokus pada desain ataupun logo dan tagline yang dibuat. Begitu besarnya peranan desain bagi brand yang Anda bangun. Untuk itu cobalah buat desain dengan menarik yang bisa langsung memikat calon customer Anda. Jika Anda mengalami kesulitan dalam hal ini jangan ragu untuk menggunakan jasa kami, banyak paket yang ditawarkan untuk membantu Anda membangun brand dengan lebih baik lagi. Kosultasikan dan bicarakan bersama kami soal usaha Anda temukan solusinya dan pilih paketnya.

Brand yang baik akan lebih mudah dipasarkan dan diterima oleh banyak orang, berikut ini adalah 3 alasan bahwa UKM harus memiliki brand    :

  1. Lebih mudah dikenal

Tidak sedikit UKM yang gagal akibat tidak memiliki brand yang baik. Buatlah brand yang mudah dikenal. Misalnya dengan membuat desain logo dan kemasan. Logo yang menarik, dan menggambarkan produk Anda akan lebih bisa memikat konsumen dan lebih mudah dikenal banyak orang. Selain logo, desain kemasan juga berpengaruh dalam andil ini. Karena konsumen akan mengalihkan perhatian selanjutnya pada desain kemasan yang Anda miliki.

Tips membuat logo brand :

  • Tentukan visi misi perusahaan kita. Misalnya kita ingin global mendunia, atau ingin bergerak cepat mengikuti teknogi, atau ramah lingkungan, atau menyediakan kuliner yang sehat.
  • Tentukan karakter target konsumen, laki, perempuan, umum, anak

Misalnya : Produk yoghurt Cokume . produk minuman yoghurt ini ditujukan untuk kaum muda laki dan perempuan supaya mengkonsumsi minuman sehat. Kesan yang timbul harus segar, oleh karena itu warna yang dipilih warna segar layaknya minuman youghurt. Warna biru muda langit mencerminkan laki-laki dan soft pink mencerminkan perempuan. 

Apabila kesulitan dalam mendesign logo, Anda bisa minta bantuan designer membuatkannya, yang penting Anda sudah menentukan visi misa dan karakter produk sehingga designer bisa memvisualisasikannya kedalam bentuk logo brand.

2. Dapat dipercaya

Brand yang dibangun merupakan salah satu bentuk untuk membangun kepercayaan konsumen kepada produk Anda, salah satunya dari desain yang digunakan untuk mewakili indentitas dari usaha Anda. Ini akan menunjukan profesionalitas kepada konsumen Anda, bayangkan saja jika suatu usaha tidak memiliki brand yang kuat, bisa-bisa pangsa pasar produk milik usaha Anda diambil alih oleh kompetitor. Lalu bagaimana konsumen bisa percaya dengan produk Anda? Jawabannya brand yang baik. Apalagi di era yang serba digital seperti ini, persaingan begitu ketat dan Anda tidak ingin bukan jika produk milik Anda diakui oleh orang lain? Maka bangun lah brand dengan logo dan desain yang menarik.

Mana lebih mudah diingat Cuma nama saja tanpa logo, atau nama brand dengan logo.

Secara alami otak kita lebih mengenali bentuk dan visual gambar. Semakin kuat brand kita maka semakin dipercaya oleh konsumen.

Apabila Anda disuruh membeli produk sabun mandi batangan , dan pilihannya diantara 2 yang satu tanpa ada nama, dan satunya lagi ada nama brand. Yang mana Anda pilih ? Saya yakin Anda memilih produk sabun dengan Brand, karena secara naluri Anda yakin produk ini bagus dan dapat dipercaya.

Jadi brand juga mencerminkan kesungguhan dan komitmen perusahaan, sehingga membuat orang menjadi lebih percaya.

3. Berbeda dari kompetitor

Berbeda dengan yang lain merupakan tindakan yang diambil untuk selangkah lebih maju dari kompetitor Anda. Banyak orang yang tidak mau mengambil tindakan tersebut. Padahal dengan sedikit perbedaan itu, justru akan membuat usaha Anda semakin berkembang. Misalnya saja membuat tagline pada produk usaha Anda. Ini juga bisa digunakan untuk media promosi sebagai daya tarik konsumen.

Dewasa ini banyak orang sembarangan membuat brand atau logo, asal mulanya biasanya karena bisnis ini iseng. Katakanlah Pak Andi memulai mie ayam dengan coba-coba iseng saja. Semula tidak dipedulikan apa brandnya, orang cukup mengenal Mie Ayam Pak Andi. Ternyata bisnis mie ayam nya maju, dan mulai banyak yang meniru menggunakan nama Mie Ayam Pak Andi. Orang jadi mengira bahwa pak Andi punya cabang padahal tidak ada. Seandainya pak Andi punya brand maka tentunya akan mudah dibedakan dengan kompetitornya

Gbr. 1 Mie ayam pak Kumis dengan logo orang berkumis dan berkacamata sc: nyam2yummy

Gbr 2. Mie Ayam Pak Kumis tanpa logo sc: openrice

Dari dua gambar diatas, kalo Anda disuruh memilih utk pertama kali yang mana yang Anda Pilih dan yang mana yang lebih diingat. Mie ayam Pak Kumis dengan logo rang berkumis bukan ?

Tetapi di era digital seperti ini ada langkah lain yang harus Anda ambil, seperti membuat website khusus untuk usaha Anda misalnya. Website dengan template yang menarik dan desain yang berkelas bisa memberikan kepercayaan lebih bagi konsumen pada brand Anda. Maka buatlah kesan pertama yang membekas di hati konsumen Anda dengan desain yang terbaik.

Butuh bantuan membuat logo brand? Tim kami dari promodesain.com siap membantu

Temukan kesan pertama yang membekas untuk desain brand usaha Anda yang berkelas dan terbaik bersama kami. Banyak penawaran menarik yang kami siapkan khusus untuk Anda yang memiliki usaha kecil menengah (UKM). Membantu Anda temukan solusi dan bersaing di pemasaran digital.

Share This Article 🙂

Google+
Google+
http://www.dewanstudio.com/3-alasan-kenapa-ukm-harus-memiliki-brand/">
RSS
Facebook
Twitter
Visit Us
PINTEREST
PINTEREST
LINKEDIN

Related Posts

10+ Digital Marketing Tools Terbaik – Tingkatkan Level Bisnis Anda

May 15th, 2019|0 Comments

10+ Digital Marketing Tools Terbaik - Tingkatkan Level Bisnis Anda Tools digital marketing terbaik untuk tingkatkan level bisnis Anda. Berikut ini telah kami rangkum digital marketing tools yang patut Anda coba untuk bisnis [...]

Strategy Digital Marketing Bulan Ramadhan

May 13th, 2019|0 Comments

Strategy Digital Marketing Bulan Ramadhan Digital marketing adalah usaha pemasaran melalui digital yang meliputi pemasaran konten dan strategy lainnya yang meliputi plan dan engagement pada setiap konten yang di posting Strategy Digital Marketing [...]

5 Tips Panduan Membuat Desain Website Profesional

April 8th, 2019|0 Comments

5 Tips Panduan Membuat Desain Website Profesional Desain website profesional terbukti bukan hanya berhasil menarik pengunjung tetapi juga dapat memberikan tindakan selanjutnya yang akan dilakukan oleh pengunjung. Berikanlah fungsi web yang dapat dan [...]

7 Cara Berhasil Membuat Digital Marketing Campaign

April 8th, 2019|1 Comment

7 Cara Berhasil Membuat Digital Marketing Campaign Digital marketing campaign adalah rencana atau alur yang biasa digunakan untuk melakukan pemasaran konten melalui media digital. Digital marketing campaign sangat berpengaruh dalam menjalankan strategy digital [...]

5 Cara Mudah Digital Marketing Untuk Properti

April 8th, 2019|0 Comments

Digital marketing kini sudah merambah ke dunia properti. Pertumbuhan teknologi yang cepat juga diiringi dengan kebutuhan akan tempat tinggal yang meningkat. Ini merupakan awal yang baik untuk segera melakukan digital marketing bagi bisnis properti [...]

Ini Perbedaan Brand dan Branding Serupa Tapi Tak Sama

February 25th, 2019|0 Comments

Brand (merek) adalah hasil yang didapatkan melalui proses branding. Lalu apa saja yang meliputi proses branding itu sendiri? Pengertian: Brand dan branding hal yang serupa tapi tak sama. Brand merupakan tujuan atau hasil [...]

INGIN BERDISKUSI ?

APAKAH ANDA MEMPUNYAI IDE YANG BISA KAMI BANTU?

2018-10-09T10:22:16+00:00
Chat Via WhatsApp